Entri Populer

Rabu, 07 Maret 2012

GUNUNG KENCANA - BOGOR JAWA BARAT

Gunung Kencana ini terletak di kawasan puncak Bogor Jawa Barat.


tidak jauh dari Masjid Agung Puncak At-Ta'awun.
Jika kita naik bus antar kota bisa menggunakan bus do'a ibu / karunia bakti / dll yang menuju puncak bogor lalu berhenti di pos telaga warna.
Perjalanan menuju ke Gunung Kencana ini melewati pos telaga warna, di sini kita bisa makan di warung kecil, dan juga bisa beristirahat sholat di mushola yang ada di pos telaga warna.  jangan lupa ya lapor setiap mau mendaki. :)
dari pos ini kita harus berjalan kaki melewati perkebunan teh yang sangat luas. 
perjalanan menuju desa cikoneng


Sekitar 1jam perjalanan kita akan sampai di SDN CIKONENG di situ kita bisa beristirahat ada warung milik pak Rudi yang di kenal sebagai kepala desa di situ.setelah itu kita bisa melanjutkan perjalan kita menuju desa LC sebelum mulai mendaki ke gunung Kencana.
Desa LC  dilihat dari puncak gunung luhur
dari desa LC ada sebuah rumah kecil milik kepala desa di situ. dari desa LC menuju kaki gunung Kencana hanya di tempuh dengan waktu 30 menit saja. Sebelum memasuki ke dalam hutan sebaiknya kita mengambil persediaan air yang kita butuhkan selama ingin menginap di atas , karena sumber air tidak ada sama sekali di atas. 
Trek pendakian menuju gunung kencana lumayan mendaki dan agak licin juga teman - teman. kadang juga ada pacet yang loncat - loncat kesana kemari loh makannya hati - hati ya dengan pacet - pacet itu.
Kurang lebih 1 jam perjalanan mendaki akan sampai di sebuah lahan yg lumayan lapang untuk tempat berkemah. 

tempat ini lumayan lah asik buat ngcamp, tanahnya datar gak banyak batu batu yang mengganggu buat tempat kita tidur, cocok juga sih untuk tempat pendidikan dasar pecinta alam , untuk survival di sini banyak tumbuhan yang bisa di makan loh. tapi ya kendalanya untuk sumber air di sini harus ambil di perkebunan teh di jalan sebelum memasuki hutan dan itu pun aliran airnya sangat kecil.
jalanan menuju puncak gunung kencana
nah kalau mau jalan ke puncak kencana dari tempat kita bermalam (tanah lapang tadi) gak jauh kok kira kira sekitar 30 menit juga sudah sampai di puncak gunung kencana.



pemandangan dari atas puncak gunung kencana


anggota muda xv mapala volcano di puncak gunung kencana



7 komentar:

  1. keren nih, sebelumnya kita lewat jalur desa sukamakmur jonggol, tahun ini coba lewat desa LC...salam lestari

    BalasHapus
  2. salam lestari bro, lewat jonggol jalurnya lumayan panjang brur, coba lewat LC.

    BalasHapus
  3. sumber air di lahan yang lapang itu ada ngga ? atau kita harus ngambil dulu di desa LC ?

    BalasHapus
  4. Desa LC memiliki alam yang cukup indah namun sayang kehidupan masyarakatnya jauh dari kata layak. Saya dan beberapa teman kemarin baru saja meninjau desa tersebut dan berencana membantu masyarakat disana untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Jika teman-teman tertarik kita akan melakukan baksos dan kita busa sharing apa yang bisa kita lakukan disana.
    Sekedar informasi, penduduk disana berpenghasilan cukup kecil, mereka hanya dibayar Rp. 50.000,- untuk 1 kwintal pucuk teh atau Rp. 550,- untuk 1 kg pucuk teh. Mereka tidak memiliki sanitasi yang bagus, tidak ada sekolah (sekolah ada di Desa Cikoneng dan itu cukup jauh), tidak ada fasilitas kesehatan dan mereka melakukan pernikahan dini, usia 15 untuk perempuan dan 17 tahun untuk laki-laki.
    Jika teman-teman berminat, yuk sama-sama kita bangun desa tersebut secara gotong royong, kita benahi infrastruktur yang ada supaya teman-teman yang hendak mencapaii Gunung Kencana juga bisa merasakan betapa nyamannya Desa LC. Saya menghimbau supaya teman-teman selain mencintai alam juga mencintai bumi yang kita pijak.
    Kita benahi Desa LC supaya masyarakat disana bisa merasakan hidup layak, anak-anak bisa mendapatkan pendidikan, bisa mendapatkan fasilitas kesehatan, dll

    BalasHapus
  5. Dear Admin,

    Mohon info rute menuju Desa LC menggunakan kendaraan pribadi karena saya dan kawan-kawan akan melakukan survey ke gunung kencana Sabtu (11 Apr 2015) lusa,

    Terima Kasih dan Salam Lestari
    TG

    BalasHapus
  6. Di gunung kencana bisa camp ga gan ?

    BalasHapus
  7. JaiS titanium diamond diamond wire - TITanium Art
    JaiS titanium properties titanium diamond wire · JaiS titanium diamond diamond wire titanium ranger · JaiS titanium curling wand titanium diamond wire · JaiS titanium diamond wire titanium connecting rod · JaiS titanium diamond wire · JaiS diamond wire titanium 3d printer · JaiS diamond wire

    BalasHapus